Energi Penghilang Rasa Lelah



Dalam menjalankan aktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Tak terkecuali bagi manusia. Energi menjadi hal yang amat penting. Jika membicarakan bagaimana manusia mendapatkan energi, sehingga mampu melakukan berbagai aktivitasnya, tentu yang akan terpikirkan adalah asupan atau makanan. Memang dengan makanan, mampu memberikan energi untuk diri kita. Akan tetapi pernahkan kita berfikir, bahwa walaupun mempunyai porsi makan yang sama, tetapi setiap orang memiliki energi yang berbeda di dalam melakukan aktivitasnya.

Energi yang dibutuhkan pada raga, memang berperan penting dalam menompang kekuatan tubuh untuk melakukan suatu aktivitas. Akan tetapi, ada hal lain yang menunjang seseorang itu mampu untuk melakukan suatu aktivitas melebihi yang lain walau asupan yang masuk ke tubuhnya sama, atau bahkan lebih sedikit. Hal lain tersebut adalah “motivasi”. Jika makanan itu mampu menunjang energi pada raga, maka motivasi mampu menunjang energi pada jiwa.

Banyaknya asupan makanan tak akan berdampak signifikan untuk melakukan suatu aktivitas, akan tetapi semakin banyak motivasi pada diri seseorang, akan membuatnya tak menyerah walau lapar sekalipun. Maka mencari alasan untuk melakukan suatu aktivitas itu penting. Selain untuk menambah energi pada diri kita juga untuk memastikan bahwa aktivitas yang kita kerjakan itu bermanfaat.

Suatu hal yang indah, ketika kita melakukan aktivitas maka manfaatnya langsung didapat waktu itu juga. Salah satu syarat, agar kita dapat mendapatkan manfaat secara instan adalah keyakinan. Keyakinan mampu menjadi penawar letih secara instan sekaligus energi lebih dalam melakukan suatu aktivitas.

Sesuatu yang berkaitan erat dengan keyakinan adalah agama, termasuk agama Islam. Makna dari sebuah keimanan, adalah kita meyakininya sepenuhnya. Dengan itu akan tercipta motivasi untuk melakukan sesuatu yang dituntunkan-Nya.

Akan ada saat dimana kita merasa lelah. Lelah menjalani cobaan, lelah menjalani aktivitas. Maka, ketika lelah itu datang, dan kita mengingat keyakinan bahwa yang kita lakukan dan jalani adalah karena Allah, maka insyaAllah akan tercipta suatu energi penghilang rasa lelah itu sendiri.


#Day20
#RamadhanBerkisah
#PenaJuara

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar