Di Kelembaban Usia



“Di kelembaban usia” begitulah tutur Ustadz Salim dalam bukunya ‘Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan’ waktu membahas masa remaja. Dimana pada masa remaja memungkinkan semua karakter bisa tumbuh, berakar dan mekar. Maka sudah selayaknya kita berusaha memperbaiki karakter diri kita agar tak menyesal dikemudian hari.
Jika membicarakan remaja, maka tak lepas dari masa muda. Tentunya masa muda bagi kebanyakan orang sering dijadikan waktu untuk mengenali diri sendiri. Hanya saja, di dalam proses pengenalan tersebut, terkadang tidak dilakukan dengan benar, sehingga prosesnya menjadi lama. Uniknya, pada sebagian orang sudah bisa mengenali dirinya dengan cepat bahkan meraih sukses diusia yang tergolong muda.
Apabila kita menengok sejarah, maka akan kita dapati karakternya telah terbentuk dengan matang diusia muda. Salah satu pemuda hebat itu adalah Muhammad Al Fatih. Sungguh sangat disayangkan apabila tidak mengenal beliau. Sayangnya anak-anak sekarang lebih kenal tokoh fiktif dari pada beliau. Beliau memang bukan Super Hero. Akan tetapi kehebatanya dalam mengatur strategi perang dan kematangan karakternya patut kita teladani.
Menjadi panglima perang diusia 21 tahun merupakan prestasi yang membanggakan. Apalagi mampu membebaskan Konstantinopel yang dari sudah berkali-kali gagal di taklukkan oleh pendahulunya. Semua itu adalah berkat orang tuanya yang berkomitmen dalam pendidikan anaknya, sehingga bersedia mendatangkan guru untuk mengajarinya dari kecil. Bahkan Muhammad Al Fatih telah mampu menghafal Al Quran 30 juz diusia 8 tahun.
“Dewasa tak memandang usia” mungjkin itu sedikit pantas untuk menggambarkanya. Ada sebagian orang yang kematangan karakternya berjalan lambat, tapi ada juga yang berjalan cepat. Semua itu tak lepas dari kehidupanya diwaktu kecil, apakah dimanja, atau biasa mandiri. Maka sudah selayaknya setiap orang tua belajar dari kisah Muhammad Al Fatih agar anaknya kelak, mampu mematangkan karakter di usia muda, bahkan sukses diusia muda.

#Day24
#RamadhanBerkisah
#PenaJuara

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar