Menjelajah Dunia



Pernahkah kita merasa bosan dirumah. Atau bosan dengan segala aktivitas rutin yang selalu kita kerjakan. Mungkin pernah terlintas dalam bayangan kita untuk melakukan liburan ke tempat yang kita sukai. Atau sekedar meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi. Tentu tidak semua orang bisa melakukan itu. Entah itu terkendala waktu maupun biaya yang harus kita keluarkan. Tapi apakah hal itu menjadi tidak mungkin untuk dilakukan. Tentu kita bisa melakukanya, hanya saja dikemas dalam bentuk yang berbeda.

 Menjelajahi dunia, mungkin itu terdengar asik. Tapi sebagian orang akan bilang itu tidak mungkin bisa dia lakukan. Terdengar sulit memang, tapi apakah itu tidak mungkin. Mungkin kita kurang peka terhadap apa yang ada di sekitar kita untuk kita manfaatkan sebagai hiburan. Jika kita bisa meluangkan sedikit waktu saja kita bisa pergi dan merasakan keindahan suatu tempat. Menambah pengetahuan, menambah wawasan dan yang terpenting bisa menyegarkan otak kita yang tadinya penuh dengan kesibukan aktivitas kita. Terus bagaimana caranya? Jawabanya simple yaitu mau membaca.

Ya membaca. Bukankah ada banyak buku bacaan yang bisa kita baca. Tidak harus novel yang beratus-ratus halaman. Kita bisa membaca cerita atau berita yang tidak terlalu berat untuk dibaca. Kita juga bisa memilih yang sesuai hobi kita untuk membaca buku yang kita sukai. Yang punya hobi otomotif misal, bukankah banyak buku-buku yang membahas tentang otomotif. Yang suka dunia IT juga tersebar banyak buku-buku yang membahas IT. Selain kita mendapat hiburan tentu ilmu kita akan semakin bertambah, ilmu yang kita dapatkan dari membaca bisa kita manfaatkan untuk sekedar hiburan atau dikembangkan menjadi sebuah karir mungkin. Bagi yang suka berwisata. Kita juga bisa memilih untuk membaca tentang keindahan suatu tempat. Dan manfaat lainya yang bisa kita dapatkan dari membaca.

Jadi apalagi alasan kita untuk tidak membaca. Bosan, ngantuk, gak asik, gak terbiasa. Ya mungkin itu sederetan alasan yang sering muncul dibenak kita. Tapi bisakah kita mengubah apa yang tidak kita suka menjadi suka? Tentu jawabanya bisa, bukankah cinta itu datang karena terbiasa. Alasan itu datang karena kita tidak mau mencoba untuk mengenalnya. Cobalah untuk mendekatkan diri dengan apa yang kita sukai lewat buku. Cobalah untuk membaca buku yang sesuai dengan hobi kita. Jika kita tidak suka dengan buku yang tebal mungkin bisa kita mulai dengan buku yang bergambar. Pada intinya kebiasaan itu harus kita bangun.

Setelah kita terbiasa dengan membaca mungkin kita bisa beralih menjadi penulis. Dengan menulis kita bisa membagikan pemikiran-pemikiran kita ke publik. Dan siapa tahu menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang. Karena dengan tulisan kita bisa mengubah pola pikir manusia.



Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar